Cerita Dibalik Corona “Aku Tak Ingin Dustai Agamaku”

  • Bagikan

Sumber : H Ade Rudi S (Tokoh Pers Nasional)

Wabah Corona Virus Disease 2019 atau lebih dikenal dengan singkatan Covid 19, merupakan virus ganas yang begitu ditakuti umat manusia diberbagai belahan dunia saat ini.

Virus yang berawal dari negeri Cina ini telah memberikan dampak yang luar biasa dalam tatanan kehidupan manusia, dan menjadi musuh utama yang harus diberantas dan dihancurkan penyebarannya.

Menurut pandangan H Ade Rudi, sosok tokoh sekaligus wartawan senior yang telah malang melintang di dunia jurnalistik, virus yang secara kasat mata tidak terlihat itu dapat merusak umat beragama, apabila keimanan dan ketakwaannya luntur atau bahkan runtuh kepada sang pencipta alam semesta, Allah SWT, “Na udzubilahi Mindalik,” puji H Ade

Dalam tulisannya yang diunggah di akun Facebooknya, H Ade merasa prihatin ketika sebuah keimanan runtuh karena ketakutan akan bahayanya virus.

Inilah sepenggal tulisan dalam akunnya, “AKU TAK INGIN DUSTAI AGAMAKU.”

Ya Allah mengapa saudaraku menghindar dari wabah corona , Lalu mereka menutup Masjid rumahmu. Padahal mereka tidak tau dimana virus itu berada. Aku hanya Ingin berlindung dirumahmu ya Allah.

Dari Anas bin Malik رضي الله عنه, Rasulullah ﷺ bersabda:

إِنَّ اللهَ تَعَالَى إِذَا أَنْزَلَ عَاهَةً مِنَ السَّمَاءِ عَلَى أَهْلِ الأرْضِ صُرِفَتْ عَنْ عُمَّارِ الْمَسَاجِدِ.

“Sesungguhnya apabila Allah ta’ala menurunkan penyakit dari langit kepada penduduk bumi maka Allah menjauhkan penyakit itu dari orang-orang yang meramaikan masjid.”

Hadits riwayat Ibnu Asakir (juz 17 hlm 11) dan Ibnu Adi (juz 3 hlm 232).

Dalam komentarnya tokoh jurnalis yang handal menulis feature ini pun kembali menulis

“Dari Anas bin Malik رضي الله عنه, Rasulullah ﷺ bersabda:

إِذا أرَادَ الله بِقَوْمٍ عاهةً نَظَرَ إِلَى أهْلِ المَساجِدِ فَصَرَفَ عَنْهُمْ

“Apabila Allah menghendaki penyakit pada suatu kaum, maka Allah melihat ahli masjid, lalu menjauhkan penyakit itu dari mereka.”

Riwayat Ibnu Adi (juz 3 hlm 233); al-Dailami (al-Ghumari, al-Mudawi juz 1 hlm 292 [220]); Abu Nu’aim dalam Akhbar Ashbihan (juz 1 hlm 159); dan al-Daraquthni dalam al-Afrad (Tafsir Ibn Katsir juz 2 hlm 341).

Diakhir komentarnya H Ade seakan gak mengerti dan bertanya, “Mengapa orang sibuk mencari keselamatan dunia , sementara keselamatan akherat mereka lupakan ?,”

Apa yang disampaikan H Ade dalam statusnya yang penuh makna untuk kita sebagai umat muslim agar lebih tawakal kepada Allah SWT, dan tetap bermunajat kepadaNYA. Karena semua yang terjadi di dunia itu semua karena kekuasaanNYA.

Untuk itu mari kita panjatkan doa kepada Allah SWT, semoga pandemi Covid 19 ini segera berakhir dan kita umat manusia mendapat ridho serta keselamatan di dunia dan di akherat ***

  • Bagikan