News  

Paskibra SMPN 2 Picung Gelar LKBB Srikandi Session III Tahun 2022

PANDEGLANG, BANTEN, dialektikanews.com, – Pasukan pengibar bendera Merah Putih (Paskibra) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Picung menyelenggarakan Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) Srikandi Session III Tahun 2022, Minggu (22/03/2022).

Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan dan program kerja Paskibra SMPN 2 Picung sekaligus perayaan Hari Ulang Tahun Paskibra SMPN 2 Picung yang Ke-5.

Lomba LKBB open yang diikuti Siswa-siswi SD/MI, dibuka langsung oleh Kepala SMPN 2 Picung yang diwakili, Nanang Nurkomara, M.Pd.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Nanang Nurkomara mengatakan, kegiatan lomba ini dapat dijadikan sebagai agenda silaturrahmi antar sekolah serta dapat menjadi acuan peserta didik dalam membangun karakter disiplin dan nilai-nilai kebangsaan.

“Dengan kegiatan ini dapat memacu penanaman nilai-nilai kepemimpinan dan kedisiplinan yang dapat memberikan dampak positif terhadap peserta didik untuk memiliki semangat patriotisme dan semangat juang dalam membela sekolah masing-masing guna membuahkan prestasi,” ungkapnya

Lebih lanjut kata Nanang, kegiatan lomba ini sempat tertunda karena terkendala Covid-19. Namun demikian kata Nanang, tahun ini dapat terselenggara, dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang Ketat.

“Juara menjadi salah satu tujuan dari lomba ini. Tapi, yang dicari lebih dari itu, yakni turut serta mensosialisasikan Gerakan Peraturan Panglima TNI Nomor 58 Tahun 2018 dan juga mengimplementasikan rasa kebersamaan dan persatuan dikalangan peserta merupakan sasaran yang lebih luas,” tuturnya

Maka dari itu, terang Nanang, lomba LKBB ini dapat dijadikan sebagai sarana memupuk rasa persatuan dan kesataun, sehingga memiliki sasaran strategis untuk membentuk karakter peserta didik yang cerdas, terampil dan disiplin. Juga menanamkan nilai-nilai kepemimpinan sehingga tercipta peserta didik yang handal dimasa depan.

“Paskibra sendiri adalah organisasi yang terdiri dari mereka yang memiliki kedisiplinan tinggi, intelektual dan jiwa pemimpin tangguh,” tukasnya

Paskibra juga merupakan insan yang mempunyai loyalitas tinggi terhadap sekolah, bangsa dan negara.

Adapun maksud dan tujuan lomba LKBB jelas Nanang, sebagai salah satu upaya meningkatkan dan mengaktifkan kembali kegiatan baris-berbaris. Tujuannya, membentuk kratifitas yang tinggi, mempererat tali silaturahmi, meningkatkan potensi diri dan membangun generasi muda yang bertanggung jawab dan berjiwa korsa.

“Dengan tema “KREATIFITAS TANPA BATAS, RINDU BARIS MEMECAH KERINDUAN, lomba LKBB ini diharapkan dapat menjadi acuan mengaktifkan kembali seluruh rangkaian kegiatan siswa yang sebelumnya terkendala Covid-19,” pungkasnya (Jun)

Penulis: JunaediEditor: dg