Desa, News  

Akibat Jembatan Rusak, Aktifitas Warga Terisolir

LEBAK, BANTEN, – Sungguh memprihatinkan nasib warga Desa Sudimanik Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak, kesulitan beraktifitas akibat jembatan gantung sebagai penghubung transportasi dalam kondisi rusak berat.

Dari pantauan awak media, jembatan gantung yang berlokasi di Kampung Cibayong RT.01/RW.07 Desa Sudamanik, kerusakannya sudah memprihatinkan, dan itu terlihat pada alas lantai yang terbuat dari kayu sekira 60 persen sudah rapuh dan rusak. Bahkan kondisi jembatan dalam keadaan miring, sehingga dikhawatirkan dapat membahayakan bagi warga yang melintas.

Sementara Kepala Desa Sudamanik, Rendi Irawan, saat dikonfirmasi kepada awak media membenarkan kondisi jembatan gantung tersebut sudah tidak layak pakai untuk dilalui warga.

Padahal kata Kades, jembatan gantung itu merupakan akses penting bagi warga untuk beraktivitas sehari-hari.

“Kami juga hingga saat ini masih berharap campur tangan Pemerintah Pusat, Propinsi maupun Kabupaten Lebak dapat mengucurkan anggarannya guna memperbaiki jembatan tersebut,” ucap Rendi,
Jumat, (14-4-2022).

Dikatakan Rendi, sebelumnya jembatan tersebut sempat dilakukan perbaikan secara swadaya oleh warga setempat.

Rendi juga menyampaikan kalau pihak desa bukan mengabaikan, akan tetapi ketidakmampuan perbaikan itu lantaran keterbatasan anggaran.

“Anggaran desa terbatas sehingga tidak mampu memperbaiki jembatan itu, dan bukan karena itu saja, kami juga masih banyak prioritas kerja Desa yang mesti dilakukan seperti untuk peningkatan pembangunan masyarakat di masing masing RT/RW.

Untuk itu, kata Kades, pihaknya menaruh harapan besar kepada pemerintah baik pusat maupun daerah, untuk membangunnya. Agar aktifitas warga dapat normal kembali.***

.