Terkini dan Populer

Wujud Transparansi Publik ! Pemdes Ciawi Pasang Banner APBDes di Halaman Kantor Desa

[responsivevoice_button voice="Indonesian Female" buttontext="Bacakan Wanita"] [responsivevoice_button voice="Indonesian Male" buttontext="Bacakan Pria"]

PANDEGLANG, BANTEN, dialektikanews.com – Guna mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat sekaligus transparansi publik. Pemerintah Desa Ciawi Kecamatan Patia, baru- baru ini memasang Banner Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2022 di Halaman kantor desa, dan tempat – tempat atau lokasi yang mudah diakses masyarakat.

Banner APBDes yang terpasang itu merupakan sebuah papan informasi publik yang memuat jumlah pendapatan, jumlah belanja, dan kegiatan yang akan dilaksanakan Pemerintah Desa Ciawi di tahun anggaran 2022. Dengan harapan masyarakat dapat mengetahui berapa jumlah anggaran pendapatan, anggaran belanja, dan kegiatan yang akan dilaksanakan.

Sehingga masyarakat dapat turut serta mengawasi setiap program pembangunan melalui APBDes yang dilaksanakan Pemerintah Desa Ciawi sesuai dengan Peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku.

Ditemui di ruang kerjanya, Senin (16/05/2022), Kepala Desa Ciawi Muhamad Subur mengatakan, pemasangan banner APBDes tersebut merujuk kepada Akuntabilitas, Transparansi, dan Responsivitas.

Yang artinya kata Kades, Akuntabilitas berarti pertanggungjawaban pemerintah desa dalam mengelola keuangan desa sesuai dengan “amanah” dan kepercayaan yang diberikan masyarakat. Bertanggungjawab berarti mengelola keuangan dengan baik, jujur, tidak melakukan penyelewengan.

“Karena kami memiliki konsep “Desa Membangun Bersama rakyat” tentunya dengan penuh semangat ingin memajukan desa,” tandas Kades

Sementara lanjut dia, Transparansi berarti pemerintah desa mengelola keuangan secara terbuka, sebab keuangan yang bersumber dari negara sepenuh milik rakyat dan untuk kepentingan rakyat, sehingga dalam pengelolaannya pun haruslah diketahui secara publik.

“Pemerintah desa wajib menyampaikan informasi secara terbuka kepada masyarakat. Keterbukaan akan meningkatkan kepercayaan dan penghormatan masyarakat kepada pemerintah desa. Demikian sebaliknya,” ungkapnya

Sedangkan pengertian dari Responsivitas tambah Kades, adalah daya tanggap baik Pemerintah Desa, Tim Perencanaan Desa dan BPD cepat respon terhadap kebutuhan masyarakat yang perlu dukungan pendanaan.

“Tentu saja tidak semua kebutuhan masyarakat akan dapat didanai karena begitu banyaknya kebutuhan masyarakat. Kendati begitu skala prioritas lebih diutamakan dan kita tetaplah harus mengedepankan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi,” imbuhnya seraya mengatakan, dengan Banner berukuran 4×3 itu, diharapkan seluruh masyarakat Desa Ciawi mengetahui kemana saja Dana Desa dan Alokasi Dana Desa direalisasikan. ***

 

 

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif