Terkini dan Populer
News  

Diskusi Publik, BEM Piksi Input Serang Tidak Mengundang Tokoh Politik

PANDEGLANG, DIALEKTIKANEWS.COM, – Bertempat di Rumah Dunia Cipocok Kota Serang, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Piksi Input Serang menggelar Diskusi Publik Akbar dengan tema “Tantangan menuju pemilu serentak 2024,” Selasa (28/06/2022), Pukul 09:00 – 16:00 WIB.

Narasumber dalam diskusi publik kali pertama ini mengundang beberapa stakeholder pemilu dan tokoh pemuda. Diantaranya, Ocit Abdurrosyid Siddiq Komisioner Bawaslu Provinsi Banten, Nurkhayat Santosa S.E.,S.H.,M.H selaku Kordiv Hukum KPU Provinsi Banten & Ahmad Jayani Wakil Ketua Bidang Hukum DPP KNPI.

“Untuk mencegah stigma buruk dipublik sengaja kita lebih memilih mendatangkan pihak penyelenggara pemilu dan tokoh pemuda yang lebih bersifat netral ketimbang tokoh elit politik yang juga merupakan bagian dari representasi pemilu. “ungkap Aditya Ramadhan selaku Presiden Mahasiswa BEM Piksi Input Serang.

Dikatakan Aditya, acara ini, melibatkan seluruh elemen mahasiswa baik yang berasal dari Intern Kampus, Ekstern Kampus & organisasi mahasiswa baik yang bersifat kedaerahan maupun Nasional.

Hadir pada acara 100 peserta, berasal dari delegasi BEM & Organisasi Mahasiswa baik yang bersifat kedaerahan maupun Nasional Se-Provinsi Banten.

Selain itu, Aditya Ramadhan juga mengungkapkan bahwa tujuan diadakan nya diskusi publik membahas mengenai Pemilu Serentak 2024 adalah agar Pemuda khusus nya mahasiswa dalam merealisasikan beban moril nya sebagai agen off change & sosial off control, salah satu nya yaitu dengan turut serta aktif mengawal demokrasi yang ada di indonesia.

“Kita ketahui secara bersama bahwa kontestasi politik di Indonesia panas sekali bak surga dan neraka, tidak heran jika pemilu yang akan berlangsung di tahun 2024 sudah terasa udara panas nya dalam kehidupan 2022, karena mau bagaimanapun pemilu merupakan bagian dari konsep demokrasi & hulu pelayanan publik,” imbuhnya

Karena kata dia, dalam pemilu terkandung mekanisme pergantian seorang pemimpin, maka pemilu itu harus kita kawal agar berjalan sebagai mana mestinya dan lepas dari segala praktik kecurangan. Karena ini lah langkah awal untuk menentukan nasib masyarakat dan pelayanan publik kedepannya.

Meskipun sudah ada lembaga yang bertugas mengawasi pemilu, namun peran mahasiswa amat sangat diperlukan dalam kontek ini karena memberikan suplemen penguat demokrasi. Mahasiswa adalah kekuatan politik masyarakat dengan jiwa independensi nya, objektifitas nya, serta moralitas nya.

“Harapannya para tamu undangan dalam diskusi publik ini dapat mensosialisasikan seluruh rekan mahasiswa umumnya masyarakat bagaimana menjadi pemilih yang cerdas, bagaimana mekanisme pelaporan ketika melihat pelanggaran dalam pemilu dan lainya,” tegasnya

Oleh karena nya tambah Aditya, pihak mengundang seluruh elemen mahasiswa yang ada di Provinsi Banten, untuk bersama- sama bergotong royong mensukseskan pemilu serentak secara bersih dan kredibel.

“Tak lupa saya ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh partisipan yang telah membantu suksesnya acara diskusi publik ini, baik dari pengurus BEM Piksi Input Serang maupun Sponsorship yang berasal dari Pemerintah ataupun swasta. “Tutup Aditya Ramadhan ***