Terkini dan Populer
Desa  

Optimalisasi Saluran Irigasi Jadi Prioritas Pembangunan Desa Cigondang Kecamatan Labuan

[responsivevoice_button voice="Indonesian Female" buttontext="Bacakan Wanita"] [responsivevoice_button voice="Indonesian Male" buttontext="Bacakan Pria"]

PANDEGLANG, BANTEN, – Irigasi hal yang penting dalam pertanian, tanaman tidak akan tumbuh secara optimal tanpa pengairan yang tepat dan optimal. Sehingga dengan ditunjang sarana irigasi tentunya akan berpengaruh terhadap hasil panen petani.

Pemahaman akan pentingnya irigasi dalam mengairi persawahan menjadi prioritas pembangunan pemerintah pusat guna menunjang swasembada pangan nasional melalui pemerintah Desa dengan menggunakan Dana Desa.


Seperti yang dilakukan Desa Cigondang Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten, melalui Dana Desa Tahap 1 Tahun Anggaran 2024, tengah melaksanakan pembangunan irigasi bervolume 100 M dengan Anggaran Rp. 80.000.000, di Kampung Karangsari RT  02  RW 07.

PJ Desa Cigondeng A. Rumhi yang akrab disapa ustd Uki kepada media ini membenarkan bahwa Dana Desa  Tahap 1 2024, dialokasikan terhadap pembangunan Irigasi di Kampung Karangsari, guna kelancaran air mengairi ratusan hektar sawah milik warga.

“Irigasi tentunya akan bermanfa’at bagi masyarakat petani selain untuk membasahi tanah, menyuburkan tanah, menyesuaikan suhu, dan bisa membersihkan tanah serta meminimalisir terjadinya serangan hama,” ujar Kades Cigondang seraya menambahkan, kalau irigasi juga dapat bermanfaat disaat musim penghujan agar air tidak lagi menguap kepemungkiman penduduk.

Rumhi juga menegaskan, dengan dibangunnya irigasi diharapkan para petani dapat mengoptimalkan hasil pertaniannya, untuk meningkatkan taraf kesejahteraan petani dalam menjalankan kehidupannya.( jun )

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif