Terkini dan Populer

Proyek SPAM PDAM Cikadu Rampung Dikerjakan 50 Unit Rumah Teraliri Air Bersih

PANDEGLANG, BANTEN, – PT Karya sepakat Makmur (KSM) telah merampungkan pekerjaan pembangunan SPAM PDAM di Kampung Cikadu Tanjung Lesung Desa Tanjung Jaya Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang, Banten.

Proyek yang diluncurkan Pemerintah melalui Kementrian PUPR BPPW Provinsi Banten itu pun kini telah dapat dimanfaatkan masyarakat, kendati baru sekitar 50 rumah yang teraliri air bersih dari hasil penampungan Cikadu.

Ditemui di lokasi kegiatan, Irvan Fauji mewakili PT KSM kepada awak media membenarkan kalau proyek tersebut telah selesai dikerjakan. Ia juga mengatakan untuk air bersih dari sungai ciliman yang ditampung di menara pandang cikadu dengan ketinggian 25 meter manfaatnya sudah bisa di rasakan oleh masyarakat Cikadu.

“untuk sementara kami sudah salurkan kepada 50 rumah di wilayah Kampung Cikadu, Desa Tanjung Jaya. Dan kedepannya nanti akan di kembangkan oleh PDAM, karena di penampungan menara cikadu hanya mampu menampung 200 meter kubik Air bersih yang layak untuk dikonsumsi,” terangnya

Hal itu juga diamini David Palindungan Manurung selaku PPK Air Minum Balai Prasarana Permukiman Wilayah Banten. Menurutnya, proyek penampungan air di Cikadu memang sudah selesai berupa pekerjaan dari awal pengambilan air baku, pengolahan hingga distribusi kepada masyarakat.

“Untuk memastikan sistem proyek itu berfungsi, dapat dilihat mulai dari pemasangan jaringan pipa distribusi utama lalu ditampung di Cikadu hingga pemasangan sambungan kepada 50 unit rumah. Yang sekarang dipasang memiliki kapasitas 100 liter per detik,” ungkap David, Kamis (22/06/2023)

David juga berharap kedepannya, ada kontribusi dan peran Pemerintah Kabupaten atau PDAM untuk melakukan penambahan sambungan rumah agar kapasitas 100 liter perdetik itu dapat termanfaatkan secara maksimal.

Disinggung apakah Pandeglang selatan tidak akan kekurangan air bersih ? Menurut David, itu harapannya. Namun suatu daerah akan mengalami suatu perkembangan, tentunya itu akan membutuhkan penambahan kapasitas air yang lebih besar lagi.(red)