Terkini dan Populer
Desa  

Jaro Emi Sosok Kades Rendah Hati Jadi Kebanggaan Warga Desa Banjarsari

LEBAK, Dialektikanews.com, – Sedikit cerita kisah sosok H Suhaemi atau yang akrab disapa Jaro Emi, kerap berbaur dengan warganya. Sebagai seorang figur publik dirinya pun selalu membantu setiap kebutuhan dan kesulitan orang lain. Maka tak heran jika Kades satu ini selalu dicintai warga di desanya.

Jaro Emi sendiri menjabat sebagai Kades Banjarsari Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, bisa dibilang baru seumur jagung yang diperkirakan baru 1 tahun lebih, namun dalam menjalankan roda pemerintahan desanya beliau seakan sudah lama menjabat. Hal itu dibuktikannya dengan kondisi desa yang lebih baik, terutama dalam administrasi desa yang tertata rapi.

Selain administrasi pengelolaan dana desa serta kebijakan birokrasinya pun dinilai efektif dan efesien. Jaro Emi juga setiap mengambil keputusan ataupun kebijakan selalu mengedepankan musyawarah dengan tokoh masyarakat, sehingga kebijakannya lebih pro rakyat terlebih bagi masyarakat miskin.

Yang tengah ngetrand di masyarakat, Jaro Emi suka turut berbaur dengan warga dalam hal mengamankan situasi lingkungkan. Tidak tanggung – tanggung dia kerap bergabung bersama hansip (petugas keamanan lingkungan) dan warga menjaga Kamtibmas.

“Kegiatan Kamtibmas di Desa Banjarsari merupakan kegiatan rutin yang sudah menjadi program prioritas kades Emi,” ungkap seorang warga desa Banjarsari bernama Endi kepada awak media, pekan lalu.

Endi mengaku bangga memiliki Kades seperti Jaro Emi yang mau terjun langsung turut mengamankan lingkungan desa. Bahkan kata warga Jaro Emi suka berinteraksi langsung dengan warga.

“Alhamdulillah dengan kembali diadakannya kegiatan ronda di desa kami memberikan rasa aman, nyaman, dan damai kepada semua lapisan masyarakat,” kata Endi

Dikatakan Endi, warga merasa kalau Jaro Emi sosok yang rendah hati, dan tidak sombong. Bahkan ketika bertatap langsung sambil berbincang- bincang bersama warga pun sebagai seorang kepala desa, Jaro Emi tidak pernah menampakkan keangkuhan ataupun merasa dirinya yang paling berkuasa.

“Intinya beliau orang baik, dan kami sebagai warga tidak lagi canggung atau segan bincang – bincang dengan beliau, sambil ditemani secangkir kopi dan bancakan nasi liwet, ” tukas Endi

Menanggapi hal tersebut Kepala Desa Banjarsari, Suhaemi atau Jaro Emi mengucapkan terima kasih atas penerimaan warga terhadap dirinya dalam mengemban amanah selaku kepala desa.

Namun demikian kata Jaro Emi, dirinya bekerja bukan semata karena pujian warga, akan tetapi karena amanah jabatan yang harus diembannya. Karena kata dia, selama dirinya melaksanakan tugas sebagai Kepala Desa, dirinya ingin memberikan kenyamanan, ketentraman, sekaligus kesejahteraan kepada warganya.

” Tekad saya ingin mengabdi, melayani dan mensejahterakan masyrakat Desa Banjarsari sampai benar-benar maju dan normal kembali dalam semua bidang pasca kejadian bencana longsor 3 tahun yang lalu,” tegasnya

Lebih lanjut dijelaskannya, wilayah Desa Banjarsari pernah mengalami musibah bencana longsor yang mengakibatkan banyaknya kerugian dialami warga. Untuk itu kata Jaro Emi, kendati tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun dirinya akan terus berupaya semaksimal mungkin bekerja keras bersama masyarakat untuk bangkit dari keterpurukan dan ketertinggalan.

“Saya percaya pepatah satu ini, ‘sebuah proses tidak akan menghianati hasil’, semoga kedepan selama saya memimpin Desa Banjarsari maju dan masyarakatnya sejahtera,” pungkas Jaro Emi (Kos)