Terkini dan Populer
Ekobis  

Sobang Culture Fest Gelar Lomba Lukis Sekaligus Pameran Seni Lukis Karya Pelukis Lokal

PANDEGLANG, BANTEN, – Kegiatan Sobang Culture Festival yang diselenggarakan Karang Taruna Desa Pangkalan Kecamatan Sobang, ternyata dilanjutkan hingga hari Senin dan Selasa tanggal 15 Agustus 2023 kemarin.

Untuk kegiatan di hari senin 14 Agustus 2023, diadakan lomba menggambar dan diikuti oleh seluruh pelajar tingkat SD serta MI yang ada dilingkungan Kecamatan Sobang.

Bukan hanya kegiatan menggambar saja kegiatan ini juga mengadakan lomba mewarnai yang diikuti oleh seluruh pelajar tingkat PAUD dan TK. Terlihat peserta begitu antusias dalam mengikuti lomba.

Adapun tujuan diselenggarakannya lomba, untuk melatih kreatifitas dan kesabaran anak nantinya. Sementara untuk lomba hias sepeda dilakukan pada siang hari, dan menampilkan atraksi sepeda BMX freestyle atlit Indonesia, Muhamad Ainul Fajri, atau yang sering disapa Inul, Jek dan Diki.

Kehadiran mereka dipasilitasi oleh Banten Selatan goes sebagai acara hiburan, sekaligus memberikan motivasi kepada para pelajar.

Sobang Culture Fest ini pun tidak hanya memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan, namun lebih dari itu Sobang Culture Fest juga dapat dijadikan sebagai sarana memperkenalkan UMKM, guna membantu peningkatan perekonomian masyarakat yang ada dilingkungan Kecamatan Sobang, khususnya Desa Pangkalan.

H. Agus Surya selaku UPT Puskesmas Sobang, mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi pada pemerintah Desa Pangkalan dan Karang Taruna, karena dapat menyelenggarakan acara semacam ini,” ujar Agus

Dikatakan Agus, dengan kegiatan ini, diharapkan dapat memotivasi pemuda – pemudi untuk melestarikan budaya yang ada dimasyarakat.

“Budaya yang ada di Sobang sangat beragam. Dibawa oleh masyarakat yang datang dari Indramayu, Cirebon dan Priangan,” tukasnya

Hal senada disampaikan Kepala SMKN 6 Pandeglang, Nurhani,SE, mengaku acara Sobang Culture Fest sangat bermanfaat bagi masyarakat sebagai sarana mengembangkan usaha mikro di lingkungannya dan juga dapat meningkatkan SDM pada generasi muda.

“Acara ini sangat bermanfaat, sebagai bahan wawasan dan pengetahuan mengenai kebudayaan yang ada dilingkungan Desa Pangkalan,” imbuhnya.

Diketahui pada acara Sobang Culture Fest 2023, menampilkan karya lukis bakar (pyrography). Media yang digunakan berbahan dasar kayu, bambu dan kulit. Sedangkan objek yang dilukis umumnya figur tokoh ataupun masyarakat.

Selain memamerkan karya lukisan bakar, dan lukisan kanvas, perupa yang sering dipanggil yoyo ini memberikan edukasi secara langsung cara membuat lukisan dengan teknik bakar.

Pameran seni lukis di acara Sobang Culture Fest itu pun ditampilkan pula seni lukis hasil karya seniman Ilyas asal warga Desa Pangkalan.

Pameran lukis itu, berlangsung setiap hari dan menampilkan karya lukisan badak bercula satu, hasil karya pelukis Pandeglang dan para pelaku UMKM yang ada di lingkungan Desa Pangkalan, serta karya – karya seni lainnya. (Jun)